Apa itu kapal kontainer?
Seperti namanya, kapal yang dirancang khusus untuk menampung muatan dalam jumlah besar yang dikemas ke dalam berbagai jenis kontainer disebut kapal kontainer (ship). Proses pengiriman kargo dalam kontainer khusus dikenal sebagai containerization.
Salah satu metode pengangkutan logistik proyek yang paling ampuh adalah kapal kontainer. Kapal-kapal ini telah memungkinkan untuk mentransfer sejumlah besar kargo sekaligus dan secara efektif mengubah perdagangan dunia.
Kapal peti kemas adalah kapal kargo yang membawa sebagian besar kargo non curah. Di dunia saat ini, kapal kontainer membawa sekitar 90% kargo non-bulk dunia. Salah satu cara utama untuk mengangkut barang jadi ke seluruh dunia adalah melalui kapal kontainer. Wadah-wadah ini berukuran standar sehingga dapat dengan mudah dipindahkan ke berbagai moda transportasi. Apa pun bisa diangkut dengan kapal kontainer.
Karena meningkatnya permintaan di pasar, peningkatan daya dukung kargo, peningkatan efisiensi operasional dan perbaikan proses lingkungan dan pengoperasian kapal peti kemas dalam pelayanan, kapal peti kemas menjadi semakin besar dan besar.
Baca Juga : Berapakah Biaya Pengiriman Peti Kemas Saat ini ?
Kapasitas pengiriman peti kemas kapal peti kemas telah meningkat lebih dari 1200% dibandingkan tahun 1968. Seiring waktu, mereka menjadi lebih maju secara teknologi dan menghemat bahan bakar.
Sejarah kapal kontainer
Dimulainya pengiriman peti kemas merupakan salah satu perkembangan paling menonjol dalam industri angkutan laut. Kapal kontainer, sejenis kapal kargo, telah merevolusi cara pasokan kargo diangkut dan diangkut ke seluruh dunia, dengan memberikan jaminan keamanan dan perlindungan untuk pasokan kargo yang diangkut dengan cara ini. Beberapa perusahaan pelayaran terbesar saat ini terutama memperhatikan bentuk kargo peti kemas.
Model kapal kontainer pertama diluncurkan pada awal 1950-an dan dirancang terutama untuk mengangkut gerbong barang di kereta barang. Menggunakan sistem derek dan sistem ramp, gerbong barang ini dapat dimuat dan diturunkan dari kapal.
Selama bertahun-tahun, kemajuan teknologi telah memungkinkan metodologi yang relatif jauh lebih layak, meskipun sistem derek masih memainkan peran penting dalam bongkar muat peti kemas ke dan dari palka kapal. Sistem penanganan dan pengikatan kargo khusus digunakan untuk mengamankan kontainer di tempatnya.
Jenis kapal kontainer
Kapal kontainer dapat diklasifikasikan dalam banyak cara:
Generasi pembangunan
Kapal peti kemas telah melalui beberapa tahapan. Fase-fase ini telah diklasifikasikan sebagai generasi.
- Generasi pertama - 1956 hingga 1970
- Generasi kedua: 1970 hingga 1980
- Generasi ketiga: 1980 hingga 1988
- Generasi keempat - 1988 hingga 2000
- Generasi kelima - 2000 hingga 2005
- Generasi Keenam - 2006 hingga sekarang.